Tuesday, January 1, 2013

Biaya Modifikasi Motor Honda Tiger

Buat kamu yang memang sudah lama terjun di dunia modifikasi, sudah tentu masalah hitung menghitung biaya modifikasi sudah menjadi makanan utama, kamu sudah pasti bisa memperhitungkan biaya yang akan keluar untuk modifikasi motor Honda Tiger, pengalaman berbelanja spare parts sangat penting dalam menghitung seberapa besar biaya yang dibutuhkan untuk modifikasi Honda Tiger kita.

Mungkin dalam modifikasi motor, mengeluarkan hingga jutaan rupiah itu biasa, karena modifikasi memang membutuhkan biaya yang sangat mahal. Tak jarang untuk modifikasi motor Honda Tiger bahkan bisa mengeluarkan biaya yang setara dengan harga baru motor Honda Tiger itu sendiri, bahkan dalam beberapa kasus jika ingin tampilan modifikasi yang perfect, kamu harus rela merogoh kocek yang lebih besar daripada harga pembelian sepeda motor Honda Tiger kamu sendiri.

Untuk itulah pentingnya perencanaan, biaya diusahakan ditekan semaksimal mungkin agar tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya, kecuali kalau kamu termasuk kedalam orang-orang yang berdompet tebal. Jadi, sebelum mulai melakukan modifikasi Motor Honda Tiger, tentukan dulu model dan aliran modifikasi yang akan kamu ambil, lalu perhitungkan biayanya. Bila perlu, bertemanlah yang mengerti tentang dunia modifikasi dan minta saran kepadanya. Bergabung dengan klub-klub motor atau modifikasi motor akan sangat bermanfaat buat kamu.
Biaya Modifikasi Motor Honda Tiger

Dalam dunia modifikasi motor sendiri, terutama untuk biaya modifikasi Honda Tiger (untuk sepeda motor lain sama saja sebenarnya, namun dalam kasus ini kami mengambil contoh kasus sepeda motor Honda Tiger). Ada 3 bagian dalal sepeda motor Honda Tiger yang bisa dimodifikasi. Pertama Kaku, kedua  Bodi dan yang terakhir adalah mesin.

Kaki-kaku
Buat kamu yang menginginkan tampilan maksimal, kamu perlu memperhitungkan biaya yang diperlukan. Memodifikasi bagian kaki-kaki motor Honda Tiger membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk hasil maksimal usahakan menggunakan spare parts yang baru dan masih kinclong. Akan lebih baik jika kamu sedikit melirik komponen-komponen moge. Pasti... Komponen moge itu gak perlu ditanya lagi memang mahal harganya. Tapi tentu saja setara dengan hasilnya. Pengalaman, sahabat terdekat saya (gak perlu ditanya lagi soal dompetnya) memang hobi sekali memodif sepeda motornya. Pernah ia memodifikasi dan bersikeras memilih untuk menggunakan komponen moge yang masih baru. Tahu berapa harganya? Ia membeli kaki-kaki moge untuk Aprilia RS 125 seharga 17 juta. Bayangkan sendiri, itu baru kaki-kakinya saja.

Namun buat kamu yang memang ingin lebih berhemat, kamu bisa saja menggunakan limbah moge hasil impor dari luar negeri. Singapura adalah sasaran utama para importir. Biasanya sihi, untuk limbah moge hanya menghabiskan biaya sebesar 7 sampai 8 jutaan saja untuk satu set kaki-kaki yang lengkap seperti sok belakang, swing arm, velg depan dan belakang, sok depan dan juga rem. Untuk harga segini sih biasanya diambil dari GSXR, Aprilia RS 125, CBR dan juga Cagiva Mito. Namun jika kamu ingin hasi yang lebih maksimal mendingan menggunakan limbah model monoarm dan upsidedown dengan double disc dan Honda RVF, tapi tentu saja dengan harga yang lebih mahal sekitar 10 jutaan. Biasanya limbah ini tahunnya sudah jebot alias antara 10 tahunan gitu. Tapi kalau kamu beruntung kamu bisa menggunakan limbah dengan tahun yang lebih muda yaitu 5 tahunan saja.

Mau yang lebih murah? Pakai saja tipe GSX/F atau bisa juga CB/R yang menggunakan sok depan teleskopik sehingga biaya yang dikeluarkan pun paling hanya 5 sampai 6 jutaan saja.


Body
Buat kamu yang memang ingin modifikasi Honda Tiger yang lebih maksimal, tak cuma kaki-kaki, bodi pun termasuk bagian yang wajib untuk di modifikasi. Tapi tentu saja, mengubah bodi itu bukan perkara yang murah. Yang paling murah saja berkisar antara 1,5 sampai 2 jutaan rupiah. Dan itupun bentuk desain dan bodinya pasaran dan tidak unik. Ditambah lagi model yang kaku dan kasar serta cat nya yang seadanya saja.

Kalau ingin tampil lebih maksimal, langkah yang tepat adalah dengan menyerahkan urusan ini kepada bengkel modifikasi terutama bengkel yang memiliki reputasi tentunya. Kamu bisa memesan bodi sesuai dengan keinginan kamu, tinggal ngomong saja sama empunya bengkel, maunya bodinya tuh yang kayak gimana. Kalau untuk konsep sport bike dengan full fairing sih kisaran biaya yang harus kamu keluarkan berkisar antara 7 sampai 8 juta lengkap dengan deltabox-nya. Sedangkan untuk konsep street Fighter kemungkinan memakan biaya antara 5 sampai 6 jutaan. Berani?

Mesin
Sebenarnya tidak wajib juga mesin itu dimodifikasi. Selain sayang, karena akan merubah bagian standar dari pabrikan juga. Disamping itu tak akan berpengaruh banyak terhadap penampilan modifikasi motor Honda Tiger. Sudah tak berpengaruh banyak eh... mahal pula. Tapi bagi sebagian modifier mesin juga harus dimodifikasi untuk menyesuaikan dengan bodinya atau kaki-kakinya. Karena bisa saja modifikasi kaki-kaki akan membuat bobot motor bertambah berlipat-lipat. Sehingga perlu dilakukan penyesuaian mesin agar lebih powerfull dalam berakselarasi dijalanan.

Oprek mesin tentu akan diikuti juga dengan banyaknya pergantian komponen mesin, biasanya modifikasi mesin yang beginian karena kecepatan atau kekuatan mesin harus ditambah. Sehingga akan banyak modifikator akan melirik komponen yang berspesifikasi racing. Beberapa bahkan membutuhkan bore-up dan porting serta penyetelan yang harus diubah termasuk lift dan timing.

Hal lainnya adalah knalpot, magnet dan CDI juga kudu diganti agar kompatibel dan agar tidak membahayakan mesin.
Untuk modifikasi mesin sih biayanya tergantung dari beberapa sisi dan berapa banyak komponen yang harus diubah. Kemungkinan memakan biaya antara 5 sampai 6 jutaan rupiah.

Nah, jadi perhitungkan biaya-biaya modifikasi yang sudah saya berikan diatas, perhitungkan dengan hebat, hemat dan cermat. Jika ingin tampilan hebat, bisa lirik komponen moge yang baru, jika ingin hemat pakai saja limbahnya atau pakai produk lokal juga bisa. Lalu cermat lah dalam menentukan biaya modifikasi motor Honda Tiger milikmu.

No comments:

Post a Comment